Abstract:
Jody Pramoja. Penggunaan Metode Iqra‟ dalam Meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an Pada Anak di Masjid Nurul Ikhsan Desa Batu Barat Kabupaten Kayong Utara. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2023.
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan membaca Al-Qur‟an Pada Anak dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) penggunaan metode Iqro‟ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada Anak (usia 10-15 tahun) di Masjid Nurul Ikhsan desa Batu Barat kecamatan Simpang Hilir Kabupaten kayong Utara, 2) kemampuan membaca Al-Qur‟an pada Anak (usia 10-15 tahun) di Masjid Nurul Ikhsan desa Batu Barat Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara, 3) pengaruh penggunaan metode Iqra‟ terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an pada Anak (usia 10-15 tahun) di Masjid Nurul Ikhsan desa Batu Barat Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 orang. Data dikumpulkan melalui metode angket dan tes. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh yakni sebanyak 20 santri dengan 12 laki-laki dan 8 perempuan yang berasal dari kelas jilid 1 sampai jilid 6. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik Analisi data dengan teknik product moment.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) tidak ada pengaruh yang negatif terhadap penggunaan metode Iqra‟ sesuai dengan taraf signifikansi 1%, 2) hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung < ttabel (1, < 1,684), maka dapat disimpulkan Ha di terima dan HO ditolak artinya bahwa kedua variabel bersifat homogeny, 3) berdasarkan taraf signifikansi 5% hasilnya adalah signifikan, yang berarti tidak ada pengaruh yang negatif antara penggunakan metode Iqra‟ terhadap kemampuan membaca Al-Quran.