Abstract:
SELVIE, Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Realistik Materi Aljabar Berdasarkan Tipe Kastolan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah di kelas VII SMP Negeri 23 Pontianak yaitu hasil belajar peserta didik pada materi aljabar masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan: 1) kesalahan konseptual yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika realistik materi aljabar; 2) kesalahan prosedural yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika realistik materi aljabar; 3) kesalahan teknik yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika realistik materi aljabar; dan 4) penyebab kesalahan tipe Kastolan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika realistik materi aljabar.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber primer yaitu peserta didik kelas VII C berjumlah 31 orang yang kemudian diambil 9 subjek untuk diwawancarai. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data terdiri dari: 1) teknik tes; 2) teknik wawancara; dan 3) teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari tiga komponen yaitu: 1) kondensasi data; 2) penyajian data; dan 3) penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis, diperoleh kesalahan menurut tipe Kastolan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal realistik materi aljabar antara lain: 1) kesalahan konseptual meliputi kesalahan dalam mengungkapkan kembali sebuah konsep, kesalahan mengilustrasikan soal ke dalam model matematika, kesalahan menggunakan sifat operasi hitung aljabar, dan kesalahan dalam mengaplikasikan konsep operasi hitung aljabar; 2) kesalahan prosedural meliputi penyelesaian yang dituliskan tidak lengkap, langkah penyelesaian tidak beraturan, dan tidak menyelesaikan soal sampai tahap akhir; 3) kesalahan teknik meliputi kesalahan dalam berhitung, dan kesalahan dalam penulisan; 4) adapun penyebab peserta didik melakukan kesalahan diantaranya karena belum menguasai materi prasyarat aljabar, belum menguasai materi aljabar, perserta didik tidak memahami maksud soal, tidak terbiasa mematematisasikan masalah, tidak memeriksa kembali jawaban, tidak termotivasi untuk mendapatkan nilai yang bagus, peserta didik sama sekali tidak memahami materi aljabar, kurang teliti, tidak fokus dalam menyelesaikan soal, dan tidak sempat memeriksa kembali jawaban