Abstract:
FARIDA UTAMI, 11731048. “Analisis Framing Pesan Komunikasi Pemasaran Kopi Janji Jiwa Pada Kemasan Produk”. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan memberikan wawasan tentang (1) bagaimana Kopi Janji Jiwa mengemas pesan komunikasi pemasaran yang terdapat pada kemasan produk; (2) pesan apa saja yang ada di dalam kemasan produk Kopi Janji Jiwa yang dapat mendukung komunikasi pemasaran mereka.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode Analisis Framing. Sumber data penelitian ini adalah Kemasan Produk Kopi Janji Jiwa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis model interaktif.
Hasil temuan penelitian ini adalah penulis mengategorikan framing pesan komunikasi pemasaran pada kemasan produk kopi janji jiwa yaitu Kopi Janji Jiwa mengemas pesan komunikasi pemasaran pada kemasan produknya dengan menggunakan daya tarik emosional positif dan negatif. Selan itu Kopi Janji Jiwa membangun hubungan emosional dengan konsumen melalui pesan yang ada pada kemasan cup plastik dan kantong take away. Dalam kemasan produk Janji Jiwa dan Jiwa Toast, terdapat pesan-pesan positif, inspiratif, dan motivasi yang mencerminkan nilai-nilai kehidupan yang lebih luas, seperti persahabatan, keberkahan, dan kebaikan. Pesan-pesan ini tidak hanya berkaitan dengan produk, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai moral dalam kehidupan