Abstract:
ANGGA SEPTIAN RIZAL. 11915087. (2024) “Peran Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran Produk Pada Coffee Shop Omcu di Kabupaten Sanggau”. Skripsi. Pontianak: Mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Coffe Shop Omcu dalam menggunakan peran media sosial instagram dalam mensosialisasikan produk. 2) Mengetahui peran media sosial instagram dalam meningkatkan volume penjualan Coffe Shop Omcu.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun yang menjadi sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primernya yaitu pemilik usaha coffee shop omcu. Data sekundernya yaitu jurnal, skripsi, artikel tentang peran media sosial sebagai media pemasaran produk. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan pada analisis dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Coffee Shop Omcu menggunakan media sosial Instagram sebagai cara mensosialisasikan produk yaitu dengan memanfaatkan semua fitur yang tersedia di Instagram dengan menampilkan beberapa hasil foto dan video visual produk yang akan ditawarkan, dibuat dengan semenarik mungkin sehingga konsumen tertarik untuk datang berkunjung. Coffee shop omcu mensosialisasikan produknya dengan konten yang lebih modern melalui feeds dan instastory agar menimbulkan rasa ketertarikan terhadap produk yang ditampilkan melalui Instagram coffee shop omcu. Hal itu dilakukan untuk membangun personal branding yang bertujuan agar konsumen semakin mengenal produk dan membangun ciri khas coffee shop omcu. Coffee shop mengunggah reaksi dari beberapa konsumen lain ke instastory coffee shop omcu sebagai bukti penilaian baik konsumen. Dengan menciptakan rasa kepercayaan kepada konsumen membuat peningkatan volume penjualan dari coffee shop omcu. Pemanfaatan Instagram yang dilakukan pihak coffee shop omcu dalam mempromosikan dan memperkenalkan produk dan menu makanan di coffee shop omcu tersebut adalah dengan cara memaksimalkan penggunaan semua fitur-fitur yang tersedia di Instagram. Melalui media sosial Instagram membantu peningkatan pendapatan kegiatan pemasaran di coffee shop omcu. Peran penggunaan media sosial Instagram berpengaruh secara simultan terhadap peningkatan pendapatan di coffee shop omcu