Abstract:
Ibnul Fahmi. Nilai- Nilai Pendidikan Islam Dalam Kisah Nabi Musa (Telaah Al- Qur’an Surah Al- Qasas Ayat 1-28). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Penelitian ini dilakukan diantaranya bertujuan untuk: 1) mengetahui dan mendiskripsikan kisah Nabi Musa berdasarkan Al- Qur’an surah Al- Qasas, 2) mengidentifikasi nilai- nilai pendidikan Islam pada kisah Nabi Musa pada Al- Qur’an surah Al- Qasas, 3) menjelaskan cara mengimplementasikan nilai- nilai pendidikan Islam yang diajarkan dalam kisah Nabi Musa.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan metode deskriptif. Sumber data primer berupa yang pertama Al- Quran terjemah Kementrian Agama untuk rujukan dalil dan mentelaah cerita Nabi Musa, yang kedua kitab Lubaabut Tafsir Ibnu Katsir dengan pentahqiq atau peneliti Dr. Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq Al- Sheikh , ketiga Tafsir Fi Zhilalil Qur’an karya Sayyid Quthb, keempat buku Qishashul Anbiya (kisah para Nabi) karya Ibnu Katsir yang diterjemahkan oleh Moh. Syamsi Hasan. Teknik pengumpulan data menggunakan tinjauan literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis).
Hasil dari penelitian nilai- nilai pendidikan Islam dalam kisah Nabi Musa (Telaah Al- Qur’an surah Al- Qasas) dapat disimpulkan: 1) Kisah kehidupan Nabi Musa dalam Al- Qur’an surah Al- Qasas menceritakan tentang kehidupan pribadi, dan kehidupan sosial Nabi Musa, diceritakan mulai dari ia lahir di dunia ini dengan banyak cobaan yang dialami, hingga tumbuhlah Nabi Musa sampai dewasa karena atas perlindungan dari Allah Swt beliau di selamatkan, dalam kehidupan sehari- hari Nabi Musa memiliki kehidupan sosial yang begitu banyak menghadapi tantangan dari kaumnya. 2) Nilai- nilai pendidikan Islam yang ada dalam kisah Nabi Musa pada Al- Qur’an surah Al- Qasas meliputi nilai keimanan, nilai ibadah, nilai muamalah, dan nilai akhalak. 3) Implementasi nilai- nilai pendidikan Islam yang diajarkan dalam kisah nabi Musa di kehidupan sehari-hari berdasarkan Al-Qur’an surah Al-Qasas pada intinya implementasi ini memerlukan dasar keyakinan serta hasilnya adalah bisa mencontoh maupun menerapkannya beberapa aspek lingkungan seperti keluarga, sekolah dan masyarakat.