PELAKSANAAN MEMBUKA PEMBELAJARAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 22 PONTIANAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Djarot, Muhammad
dc.contributor.author HANAFI, HANAFI
dc.date.accessioned 2024-07-22T07:37:35Z
dc.date.available 2024-07-22T07:37:35Z
dc.date.issued 2023-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4873
dc.description.abstract HANAFI, “Pelaksanaan Membuka Pembelajaran Oleh Guru PAI Pada Siswa Kelas V SDN 22 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Pontianak: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Berdasarkan data lapangan pelaksanaan membuka pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam sudah dilaksanakan tetapi belum menyeluruh seperti kegiatan appersepsi dan pre test. Guru hanya menanyakan pada satu orang saja, sebaiknya appersepsi dan pre test ditanyakan kepada siswa yang mempunyai karakteristik kemampuan rendah, sedang dan pintar agar kegiatan membuka pembelajaran lebih terarah. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: 1) Pelaksanaan kegiatan orientasi dalam pembelajaran oleh guru PAI pada siswa kelas V SDN 22 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) pelaksanaan kegiatan appersepsi dan pre test dalam Pembelajaran oleh guru PAI pada siswa kelas V SDN 22 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) pelaksanaan kegiatan motivasi awal guru dalam pembelajaran oleh guru PAI pada siswa kelas V SDN 22 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. 4) pelaksanaan kegiatan menyampaikan tujuan dalam pembelajaran oleh guru PAI pada siswa kelas V SDN 22 Pontianak Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk mengetahui apa yang menjadi tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah primer dan sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah Guru PAI kelas V SDN 22 Pontianak Barat; 2) Sumber sekunder adalah buku skripsi, jurnal serta data yang relevan berupa dokumen yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dokumentasi. Tahapan analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan informa penelitian dan interprestasi. Berdasarkan analisis dan paparan data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan: Pertama, pelaksanaan kegiatan orientasi pembelajaran sudah dilaksanakan. Kedua, pelaksanaan kegiatan appersepsi dan pre test dalam pembelajaran belum terlaksana sebagaimana mestinya. Ketiga, pelaksanaan kegiatan motivasi awal guru dalam pembelajaran sudah dilaksanakan. Keempat, pelaksanaan menyampaikan tujuan dalam pembelajaran sudah dilaksanakan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pelaksanaan Membuka Pembelajaran en_US
dc.title PELAKSANAAN MEMBUKA PEMBELAJARAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 22 PONTIANAK BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account