Abstract:
NAFISATUL WARDIYAH. Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik dalam Materi Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 05 Sungai Kakap: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah di kelas VII SMP Negeri 05 Sungai Kakap Pontianak yaitu rendahnya minat belajar dan hasil belajar matematika peserta didik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti hubungan antara minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Minat belajar peseta didik dalam materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 05 Sungai Kakap; (2) Hasil belajar peserta didik dalam materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 05 Sungai Kakap; dan (3) Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik dalam materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 05 Sungai Kakap.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 05 Sungai Kakap tahun ajaran 2023/2024 yang tediri dari 4 kelas berjumlah 119 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling yang berjumlah 92 peserta didik. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi.. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan uji korelasi Pearson.
Berdasarkan pada analisis data yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Minat belajar matematika pada materi aljabar peserta didik kelas VII SMP Negeri 05 Sungai Kakap tergolong sedang, hal ini dapat dilihat dari perhitungan angket yang diberikan kepada 92 peserta didik, dengan kategori rendah berjumlah 1,1%, kategori sedang berjumlah 77,2%, dan kategori tinggi berjumlah 21,7%; (2) Hasil belajar matematika pada materi aljabar peserta didik kelas VII SMP Negeri 05 Sungai Kakap tegolong sedang, hal ini dapat dilihat dari hasil Tes Sumatif materi Aljabar 92 peserta didik, dengan kategori rendah berjumlah 23,9%, kategori sedang 55,4% dan kategori tinggi 20,7%; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika dengan nilai signifikan sebesar 0,039 < 0,05 untuk α = 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Koefisien korelasi pada minat belajar dan hasil belajar adalah sebesar 0,215 maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika pada materi aljabar peserta didik kelas VII SMP Negeri 05 Sungai Kakap berkorelasi rendah.