Abstract:
Galuh Rahayu Wianti, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Metode Pembayaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Berbelanja di Shopee Pada Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2019”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Ketidakpuasan konsumen diatas terhadap membeli barang secara online di Shopee ini disampaikan oleh konsumen bahwa barang tidak berkualitas, pengiriman barang yang lamadan proses pengembalian barang yang lama juga berbelit-belit.. Ketidakpuasan bisa menimbulkan sikap negatif terhadap merek maupun produsen atau penyediaan jasanya, berkurangnya kemungkinan pembelian ulang, peralihan merek (brand switching), dan berbagai macam perilaku complain
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan berbelanja online di Shopee pada mahasiswa manajemen bisnis syariah angkatan 2019 (2) untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan berbelanja online di Shopee pada mahasiswa manajemen bisnis syariah angkatan 2019 (3) untuk mengetahui pengaruh metode pembayaran terhadap kepuasan pelanggan berbelanja online di Shopee pada mahasiswa manajemen bisnis syariah angkatan 2019 (4) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan berbelanja online di Shopee pada mahasiswa manajemen bisnis syariah angkatan 2019 (5) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, metode pembayaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan berbelanja online di Shopee pada mahasiswa manajemen bisnis syariah angkatan 2019.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi yaitu turun ke lapangan dan menyebarkan kuesioner (angket) Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrument data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier berganda dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa (1) kualitas produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sig. 0,262 > 0,05, (2) harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sig. 0,739 > 0,05, (3) metode pembayaran tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sig. 0,912 > 0,05 dan (4) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sig. 001 < 0,05 (5) kualitas produk, harga, metode pembayaran dan kualitas pelayanan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan muzakki dengan nilai sig. 0,000 < 0,05