UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT KELAS VII DI SMPN 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Razi, Fahrul
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Pranata, Alvira
dc.contributor.author WAHYUFI, DEFIA
dc.date.accessioned 2024-07-08T07:15:29Z
dc.date.available 2024-07-08T07:15:29Z
dc.date.issued 2023-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4818
dc.description.abstract DEFIA WAHYUFI , Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti melalui Model Cooperative Learning Kelas VII di SMPN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 , Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalah a n siswa yang kurang foku s terhadap materi yang disampaikan oleh guru yang menyebabkan siswa kurang memahami materi yang dipelajari sehingga siswa kurang aktif kegiatan pembelajaran. Hal ini juga disebabkan karena pendidik kurang tepat memilih metode pembelajaran sehingga pembelajaran masih berpusat kepada guru saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Perencanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang menggunakan model cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas, 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang menggunakan model cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII, 3) Penilaian hasil belajar pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang menggunakan model cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII, 4) Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dari sebelum dan sesudah menggunakan model cooperative learning Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMPN 2 Pont ianak yang berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas VII C SMPN 2 Pontianak menggunakan model cooperative learning tipe team games tournament (TGT) pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti meningkat. Pada siklus I diketahui siswa yang tuntas 17 orang dengan nilai rata rata siswa 79,60 dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 22 orang siswa yang tuntas dengan nilai rata rata 87,83. Adapun tah ap yang dilalui berawal dari tahap pra siklus yaitu sebesar 52,17%, kemudian diterapkan model coopera tive learning melalui siklus I yang meningkat menjadi 73,91%, kemudian dilanjutkan dengan siklus II yang juga meningkat menjadi 95,65%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, tindakan perbaikan dengan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament menghasilkan perubahan yang sesuai pada indikator yang diharapkan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Cooperative Learning en_US
dc.subject PAI en_US
dc.subject Budi Pekerti en_US
dc.title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT KELAS VII DI SMPN 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account