Abstract:
M. IKHSAN MUDZAKIR, Studi Banding Hasil Belajar Kemampuan Membaca Al Quran yang Menggunakan Metode Iqro’ dan Jibril Pada Siswa Kelas Kelas VI SD Negeri 13 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2023/2024 M.
Banyaknya peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an atau yang buta huruf Al-Qur’an itu dikarenakan belum menemukan metode yang tepat dan mudah untuk belajar membaca Al-Qur’an sehingga pembelajaran tidak mampu terserap dengan baik. Oleh karena itu maka dalam penelitian ini peneliti memandang perlu untuk menganalisis Studi Banding hasil belajar membaca Al-Qur’an antarsiswa Kelas VI yang Menggunakan Metode Iqro’ dan Jibril di SD Negeri 13 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2023/2024, Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis yaitu: 1) Hasil belajar membaca Al-Qur’an Kelas VI yang Menggunakan Metode Iqro’, 2) Hasil belajar membaca Al-Qur’an Kelas VI yang Menggunakan Metode Jibril dan 3) Signifikansi perbedaan antara hasil belajar membaca Al-Qur’an dengan metode Iqro’ dan Jibril.
Jenis penelitian ini ditinjau dari metodenya merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini ditinjau dari desainnya adalah penelitian komparatif. Adapun sumber data primer dalam penelitian berupa populasi yaitu seluruh siswa VI dan sampelnya diambil secara random yaitu 6A dan 6B. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini berasal dari dokumen-dokumen pendukung contohnya data sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes praktek, dan studi dokumen. Data yang didapat dalam kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu mean, median, modus, varians, standar deviasi, nilai maksimum, nilai minimum dan persentase, dan analisis inferensial yaitu uji normlitas, uji homogenitas dan analisis Student t (t-test) tidak berpasangan.
Berdasarkan analisis data yang peneliti lakukan, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut: 1) Adapaun data hasil belajar membaca Al-Qur’an di kelas 6A dengan menggunakan metode Iqro’, diperoleh nilai secara keseluruhan 1864 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70. Kemudian memliki rata-rata 81,04 dengan simpangan baku 8,79, 2) Adapun data hasil belajar membaca Al-Qur’an di kelas 6B dengan menggunakan metode Jibril, diperoleh nilai secara keseluruhan 2964 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 73. Kemudian memliki rata-rata 84,31 dengan simpangan baku 7,22, 3) Tidak terdapat perbedaan Hasil Belajar Kemampuan Membaca Al-Qur’an Antara yang Menggunakan Metode Iqro dan Jibril Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 13 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2023/2024 M. Dapat dilihat dari analisi data menggunakan Student t (t-test) tidak berpasangan dengan membandingkan harga 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. Dari perhitungan diperoleh harga 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 0,78 dan dari tabel diperoleh harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 1,678. Ternyata harga 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih kecil dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. Dengan demikian, berarti 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 tidak signifikan.