Abstract:
Desi Wahyuni, 11907047 “Pengaruh Sistem E-Payment Perbankan Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah Gen Z (Studi Kasis Mahasisw Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pontianak)”. Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Latar belakang penelitian adalah berawal dari penggunaan internet oleh gen z yang timggi serta penggunaan e-payment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada: 1) Pengaruh Perceived Usefulness E-Payment Terhadap Kepuasan Nasabah Gen Z Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2017-2022 , 2) Pengaruh Peceived Ease Of Use E-Payment Terhadap Kepuasan Nasabah Gen Z Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2017-2022, dan 3) Pengaruh Perceived Enjoyment E-Payment Terhadap Kepuasan Nasabah Gen Z Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2017-2022.
Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data yangdigunakan yaitu jenis cross section yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa FEBI Angkatan 2017-2022 IAIN Pontianak dengan jumlah 96 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu probability sampling dengan metode simple random sampling dan menggunakan rumus Slovin. Datapun kemudian diolah menggunakan aplikasi software SPSS Versi 21. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi berganda dan regresi liniear berganda. Uji instrumen data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, multikolinearitas, serta uji heteroskedasitisitas. Adapun untuk uji hipotesis menggunakan uji t (parsial), uji f (simultan), dan ujian koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian yaitu : 1) Variabel Perceived Usefulness (berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Genz Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2017-2022 IAIN Pontianak, 2) Variabel Perceived Ease Of Use berpengaruh positif dan signifikan tehadap Terhadap Kepuasan Nasabah Gen Z Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2017-2022, dan 3) Variabel Perceived Enjoyment berpengaruh positif dan signifikan tehadap Terhadap Kepuasan Nasabah Gen Z Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2017-2022.