PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH PEDULI LINGKUNGAN HIDUP DI SMAN 3 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.author PUTRI, HERNI ARINDA
dc.date.accessioned 2024-05-28T02:17:34Z
dc.date.available 2024-05-28T02:17:34Z
dc.date.issued 2024-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4640
dc.description.abstract HERNI ARINDA ARINDA PUTRI (12001239) 12001239), Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Peduli Lingkungan Hidup Di Sman 3 Pontianak. Skripsi : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024 Skripsi ini bertujuan: satu, untuk mendeskri p s ikan bagaimana budaya sekolah peduli lingkungan hidup di SMAN 3 Pontianak ; dua, untuk mendeskripsika n peran guru PAI dalam mengembangkan budaya sekolah peduli lingkungan hidup di SMAN 3 Pontianak Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMAN 3 Pontianak. Sumber data penelitian kepala sekolah, koordinator sekolah peduli lingkungan hidup, guru PAI, dan peserta didik. Sementara teknik pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mulai dari mulai dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk pemeriksaan data menggun akan teknik triangulasi, member check dan catatan lapangan. Setelah dilakukan analisis data terhadap hasil data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: Satu, hasil penelitian menunjukkan bahwa, Budaya sekolah peduli lingkungan hidup di SMAN 3 Pontianak yaitu a) Proses sekolah hingga menjadi sekolah Adiwiyata. b) Sikap peserta didik dalam peduli lingkungan hidup. c) Bentuk kebijakan yang dibuat sekolah untuk peduli lingkungan hidup terdapat bank sampah dan GPBLHS (gerakan peduli berbasis lingkungan hidup sekolah). d) Pengelolaan sarana prasarana dalam mengembangkan sekolah peduli lingkungan hidup. e) Dampak positif yang di rasakan ketika mengikuti program Adiwiyata . Peran guru PAI dalam mengembangkan budaya sekolah peduli lingkungan hidup di SMAN 3 Pontianak yaitu a) di dalam kelas antara lain: gu ru PAI sebagai teladan dan guru PAI sebagai motivator . b) di luar kelas antara lain: bersih bersih lingkungan sekolah, kegiatan menanam pohon, dan mendaur ulang sampah en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru PAI en_US
dc.subject Budaya Sekolah en_US
dc.subject Peduli Lingkungan Hidup en_US
dc.title PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH PEDULI LINGKUNGAN HIDUP DI SMAN 3 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account