Abstract:
Suhendra NIM 11905019. Dengan skripsi yang berjudul “Langkah Strategi Komunikasi Rekrutmen Unit Kegiatan Mahasiswa Ray Science Band dalam Meningkatkan Minat Calon Anggota“ Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak tahun 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah strategi komunikasi rekrutmen unit kegiatan mahasiswa ray science band dalam meningkatkan minat calon anggota khususnya untuk mengetahui siapa target audiens, penetapan tujuan, penyajian pesan, membangun komitmen, pemilihan media, perencanaan komunikasi dan evaluasi keberhasilan UKM RSB dalam meningkatkan minat calon anggota.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif metode deskriptif, pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti pada kali ini adalah jenis penelitian lapangan sebab peneliti langsung terjun ke lapangan untuk menggali segala informasi dan data yang berkaitan mengenai UKM Ray Science Band terutama informasi dan data-data yang berkaitan dengan fokus penelitian yang peneliti angkat pada penelitian ini dan juga peneliti melakukan wawancara dengan informan sebagai sumber penguat dari data-data yang telah didapatkan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa langkah strategi komunikasi rekrutmen UKM Ray Science band dalam meningkatkan minat calon anggota adalah., 1) Target audiens adalah membuka peluang bagi seluruh mahasiswa yang tertarik untuk belajar dan berkembang dengan fokus pada keseriusan, kerjasama, dan inovasi. 2) Penetapan tujuan seperti merencanakan rapat terkait tujuan organisasi, dengan fokus meningkatkan keanggotaan. 3) Penyajian pesan yang menarik dan memikat calon anggota melalui diskusi intensif. 4) Membangun komitmen dari pengurus untuk menyediakan pembelajaran yang sesuai dan anggota diharapkan dan mencerminkan pentingnya komitmen dalam menjaga nama baik dan mencapai tujuan organisasi. 5) Pemilihan media komunikasi yang digunakan seperti Instagram, Warta IAIN Pontianak, dan WhatsApp untuk mempublikasikan kegiatan, informasi promosi, dan komunikasi dengan calon anggota. 6) Perencanaan komunikasi meliputi pembuatan pamflet open recruitment, pamflet event Festival Tahunan Ray Science Pekan Show and Melody, kerja sama dengan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Warta, serta pemanfaatan media informasi dan komunikasi seperti Instagram dan WhatsApp. 7) Evaluasi keberhasilan dalam melaksanakan langkah-langkah strategi komunikasi yang direncanakan, evaluasi menunjukkan peningkatan minat mahasiswa sekitar 22 orang dalam mendaftar sebagai calon anggota UKM Ray Science Band dengan penyajian pesan melalui media informasi.