Abstract:
UTIYA ARIANTI, Upaya Guru Meningkatkan Budi Pekerti Siswa Kelas VII Terhadap Guru Di MTs Negeri 4 Kapuas Hulu Tahun 2022/2023. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) keadaan budi pekerti peserta didik kelas VII terhadap guru di MTs Negeri 4 Kapuas Hulu;2) upaya guru dalam meningkatkan budi pekerti siswa terhadap guru di MTs Negeri 4 Kapuas Hulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan jenis penelitian naratif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu : 1) Sumber primer adalah wali kelas dan beberapa guru lain nya di MTs Negeri 4 Kapuas Hulu. 2) Sumber sekunder adalah dokumen atau berupa literature yang ada kaitannya dengan fokus penelitian. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik obervasi partisipasi, wawancara dan do kumentasi dengan alat pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dan memberchek.
Berdasarkan data dan hasil analisis penelitian ini dapat disimpukan bahwa : 1). Keadaan budi pekerti siswa kelas VII terhadap guru didalam a.) sopan santun siswa masih bersikap kurang sopan pada waktu jam pelajaran dimulai, b). kerapian, siswa yang suka tidak mengikuti aturan saat selesai jam pelajaran c). kerajinan, siswa yang bolos pada saat jam masuk,d). Kedisiplinan, sebagian siswa yang tidak tertib pada saat guru memeriksa kehadiran. 2). Upaya guru dalam meningkatkan budi pekerti siswa yang mencakup metode mengajar yang menyenangkan, membiasakan jam masuk dan jam pulang, memberi teguran, dan memberikan hukuman.