Abstract:
Lisna Hayati, Pengaruh penggunaan Strategi Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Al-Qur’an pada siswa Kelas IV/SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak Tenggara. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian mata pelajaran Pendidikan AL-Qur’an di kelas IV, ada berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut, seperti: Rendahnya Hasil Belajar, ketidak pahaman peserta didik pada materi yang diajarkan dan penggunaan strategi mengajar, maka dalam penelitian ini dipilihlah stratrgi Index Card Match sebagai solusi agar hasil belajar peserta didik bisa lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penggunaan strategi Index Card Match pada mata pelajaran pendidikan Al-Qur’an kelas IV, 2) Hasil Belajar pendidikan Al-Qur’an kelas IV, 3) Pengaruh strategi Index Card Match terhadap hasil belajar pendidikan Al-Qur’an kelas IV SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimental dengan metode Quasi Eksperimental Design. Teknik dan pengumpulan Data menggunakan Observasi, Tes, dan Dokumentasi, sedangkan Alat Pengumpulan Data menggunakan Lembar Observasi, Lembar Tes tertulis Soal Pilihan Ganda (Pretest dan Posttest), dan Dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi di kelas IV.
Berdasarkan hasil Analisis Data dapat di simpulkan: 1) penggunaan Strategi Index Card Match yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan oleh peneliti, dengan memberikan soal pretest diawal dan soal posttest diakhir. 2) Hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 74,00. Sedangkan untuk kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82,88. 3) Berdasarkan hasil pengujian statistik terdapat pengaruh penggunaan strategi Index Card Match terhadap hasil belajar yang signifikansi dengan hasil uji statistik nilai signifikansi R (0,011) < (0,05) sedangkan nilai rhitung = (2,741) > rtabel = (2,404) maka Ha diterima. Kemudian nilai koefisien korelasi (R) 0,488 ini diartikan terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y, dan nilai (R Square) sebesar 0,238 bermakna bahwa Strategi Index Card Match mempengaruhi hasil belajar sebesar 23,8 % dan sisanya 76,2 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain atau variabel lain yang tidak diteliti.