Abstract:
Indah Sri Rizki. Penerapan Strategi Learning Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Pada Siswa Kelas VII MTs TI Al-Madani Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan pada hasil belajar Fikih siswa kelas VII MTs TI Al-Madani Pontianak yang memiliki nilai rata-rata dibawah KKM (75), hal ini dibuktikan dari data hasil ulangan semester ganjil siswa yang tidak tuntas sebanyak 46 orang atau 60% dari 81 siswa. Berdasarkan dari fakta tersebut maka tujuan penelitian ini secara umum ialah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan strategi Learning Tournament di kelas VII MTs TI Al-Madani Pontianak.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas VII dengan jumlah 34 orang siswa di kelas VII A dan 34 orang siswa di kelas VII B. Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi jama’ qashar dengan menggunakan model pembelajaran Learning Tournament.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan meggunakan strategi pembelajaran Learning Tournament. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Nilai awal siswa yang diperoleh dari soal pre test yang diberikan sebelum digunakannya model pembelajaran Learning Tournament masih dikatakan sangat rendah, yaitu hanya 8 dari 34 orang siswa untuk di kelas VII A (23,52%) dan 7 dari 34 orang siswa kelas VII B (20,58%); 2) Dengan menerapkan model pembelajaran Learning Tournament terlihat bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi shalat jama’ qashar kelas VII di MTs TI Al-Madani Pontianak sudah mengalami peningkatan. Dari hasil observasi selama pembelajaran Fikih menggunakan model pembelajaran Learning Tournament berlangsung, diperoleh data aktivitas siswa pada siklus I aktivitas siswa mendapat nilai 72,5% untuk di kelas VII A dan 75% di kelas VII B sedangkan pada siklus II siswa mendapat nilai 85% untuk di kelas VII A dan 92,5% di kelas VII B. Sehingga dapat dikatakan observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan; 3) Dengan menerapkan model pembelajaran Learning Tournament terlihat bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi shalat jama’ qashar kelas VII di MTs TI Al-Madani Pontianak sudah mengalami peningkatan. Dari hasil observasi terlihat pada siklus I nilai rata-rata siswa di kelas VII A dan VII B hanya 71, siswa yang tuntas di kelas VII A sebanyak 18 siswa (52,94%) dan untuk di kelas VII B sebanyak 17 siswa (50%), sedangkan pada hasil belajar siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 81 untuk di kelas VII A dan 84 untuk di kelas VII B, siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa di kelas VII A (85,29%) dan 31 siswa di kelas VII B (91, 17%).