Abstract:
HENDRA. Peran Guru PAI dan Orang Tua dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV di MIS Babusa’adah II Desa Dusun Besar Tahun pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Peran Guru Pai dan Orang Tua dalam Membentuk Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV Di Mis Babusa‟adah II Desa Dusun Besar. Berdasarkan hasil pra wawancara bersama Guru PAI dan Orang Tua diperoleh bahwa guru PAI telah memberikan contoh serta membimbing peserta didik untuk membentuk kedisiplinan belajar peserta didik. Kemudian hasil pra observasi diperoleh bahwa guru memberikan contoh dengan cara datang sekolah tepat waktu dan memberikan hukuman kepada peserta didik yang tidak disiplin dalam belajar. Selanjutnya hasil pra wawancara bersama tiga orang tua peserta didik diperoleh hasil orang tua sebagai pengawas, sebagian orang tua ada yang mengawasi dan ada juga yang tidak mengawasi anaknya saat belajar maupun mengerjakan tugas dirumah, selanjutnya orang tua sebagai motivator yaitu orang tua selalu memberi motivasi kepada anaknya agar tetap disiplin saat belajar maupun mengerjakan tugas dirumah dan yang terkahir orang sebagai fasilitator yaitu sebagian orang tua memfasilitasi belajar anaknya dan ada juga sebagian orang tua yang memberi kebebasan anaknya untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang: 1) Peran Guru PAI dalam membentuk kedisiplinan belajar peserta didik kelas IV di MIS Babussa‟adah II Dusun Besar, 2) Peran Orangtua dalam membentuk kedisiplinan belajar peserta didik kelas IV di MIS Babussa‟adah II Dusun Besar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk memperoleh data. Sumber data penelitian ini adalah guru PAI dan tiga orang tua peserta didik Kelas IV Di Mis Babusa‟adah II Desa Dusun Besar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif model Miles dan Hubarman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan member check.
Berdasarkan data dan hasil analisis, dapat disimpulkan sebagai berikut:
1) Untuk membentuk kedisiplinan belajar peserta didik diperlukan peran guru sebagai pembimbing dan tauladan yang artinya guru membimbing serta memberi contoh terhadap peserta didik agar tetap disiplin belajar, 2) Peran orang tua dalam membentuk kedisiplinan belajar yaitu menjadi pengawas serta memberi motivasi kepada anak tentang kedisplin belajar dan memberikan fasilitas yang baik untuk menunjang dan mendukung keberhasilan pelaksanaan proses pembelajaran.