Abstract:
SUKMA NINGSIH. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menguatkan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Muhammadiyah 2 Ponti-anak Tahun Ajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Pon-tianak 2024 M.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih adanya siswa yang be-lum baik akhlaknya, masih ada siswa yang bersenda gurau saat belajar di kelas, tidak menghargai guru yang sedang menjelaskan pelajaran, melang-gar kedisiplinan, dan masih ada siswa yang tidak memakai seragam yang lengkap, terlambat datang ke sekolah, dan ada yang tidak masuk tanpa ket-erangan. Tujuan penelitian ini adalaha: 1) peran yang dilakukan guru PAI dalam menguatkan akhlakul karimah siswa di SMP Muhammadiyah 2 Pon-tinak; 2) cara guru PAI melaksanakan peran dalam menguatkan akhlakul karimah siswa;
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenology. Data primer yang diambil dari responden guru PAI berjumlah satu orang dan kepala sekolah, dan serta peserta didik ber-jumlah satu orang. Data sekunder dalam penelitian ini menggunakan doku-mentasi dan referensi tertulis lain yang terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Dan teknik keabsahan data adalah kreadibilitas dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check.
Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai beri-kut: (1) Peran guru PAI sebagai pembimbing dalam menguatkan akhlakul karimah siswa di SMP Muhammadiyah 2 Pontianak meliputi pem-bimbimngan secara langsung dan pembimbingan secara tidak langsung. (2) Peran guru PAI sebagai motivator dalam menguatkan akhlakul karimah siswa yaitu, adanya motivator dalam sopan santun, dan memberikan moti-vasi dalam etos kerja.