Abstract:
WAHYUDIN TUPLIHUN. Implementasi Pembelajaran Fiqih Materi Tayamum Pada Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Islamiyah Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,2023.
Pelaksanaan pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan beberapa komponen, yaitu pendidik, peserta didik, dan komponen lainnya dalam proses belajar-mengajar yang saling mempengaruhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer adalah satu orang guru fiqih dan sumber sekunder berupa data peserta didik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di lihat dari hasil pengamatan peneliti pada kegiatan pendahuluan pembelajaran pertemuan pertama dan kedua, guru memberikan orentasi, apersepsi dan motivasi serta menyampaikan tujuan pembelajaran terhadap peserta didik. Pada kegiatan inti, guru memberi pembelajaran dengan mengarahan peserta didik untuk mengamati, menanya, menalar/mengeksplor, dan komunikasi. Pada pertemuan kedua guru memberikan contoh tata cara tayamum dan siswa mengikuti perintah guru untuk mempersiapkan diri mereka melakukan praktik tayamum. Pada kegiatan penutup pertemuan pertama dilakukan dengan membuat kesimpulan, evaluasi dan test tertulis. Pada pertemuan kedua dilakukan dengan test praktik dan diakhiri dengan menyampaikan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.