Abstract:
SHINDA DELLA. Hubungan Konsep Diri dengan Motivasi Belajar pada Siswa MAN 1 Pontianak: Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah Program Studi Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tingkat motivasi belajar siswa pada MAN 1 Pontianak; 2) Tingkat konsep diri pada siswa MAN 1 Pontianak; 3) Hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar pada siswa MAN 1 Pontianak; 4) Besar hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar pada siswa MAN 1 Pontianak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa MAN 1 Pontianak baik laki-laki maupun perempuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yang berjenis proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala psikologi.
Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: 1) Tingkat motivasi belajar pada siswa MAN 1 Pontianak berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 71%; 2) Tingkat konsep diri pada siswa MAN 1 Pontianak berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 72%; 3) Terdapat hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000; 4) Tingkat hubungan antara konsep diri dengan motivasi belajar pada siswa MAN 1 Pontianak memiliki nilai 0,233 yang berada pada kategori rendah.