Abstract:
Riyan. 11631011. Pesan Komunikasi dalam Iklan Indomaret berjudul ”Satu Klik Sejuta Makna: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2023.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui Pesan Komunikasi dalam Iklan Indomaret berjudul ”Satu Klik Sejuta Makna” dengan sub tujuan di antaranya: Untuk mengetahui pesan informatif, pesan persuasif dan pesan koersif yang terdapat di dalam Iklan Indomaret berjudul ”Satu Klik Sejuta Makna”.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber datanya utamanya adalah video iklan Indomaret berjudul “Satu Klik Sejuta Makna”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan dan teknik dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis isi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu, memperpanjang waktu pengamatan, triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa dalam iklan Indomaret berjudul “Satu Klik Sejuta Makna” terkandung pesan-pesan komunikasi. Di antaranya: Pertama, pesan informatif (pesan yang mengandung informasi) mengenai pemakaian aplikasi Klik Indomaret, pengantaran pesanan dari Klik Indomaret, tag line iklan, dan media tempat men-download Klik Indomaret. Kedua, pesan persuasif (pesan yang mengandung ajakan baik secara langsungsung atau secara tidak langsung dengan membangun emosi ) yang mencakup hampir keseluruhan sepanjang video, hal tersebut dikarenakan memang video ini merupakan sebuah iklan yang tentu saja akan mengandung unsur pesan persuasif. Ketiga, dalam iklan ini tidak terdapat pesan koersif, mengingat pesan koersif merupakan pesan yang bersifat memaksa, sedangkan video ini merupakan sebuah iklan yang tidak ada unsur paksaan untuk menggunakan atau memakai produk yang di iklankannya.