Abstract:
ILMI AMALIA, 11914014, Hubungan Antara Intensitas Menghafal Al-Quran Dengan Kecerdasaan Emosional Santriwati Di Pondok Pesantrren Tahfizhul Qur’an Mahyajatul Qurra’ Pontianak: Psikologi Islam (PI), Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah (FUAD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kesenjangan antara intensitas menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional dimana santriwati di pondok pesantren tersebut masih kurang mampu mengontrol emosinya seperti mudah marah dan mudah tersinggung. Semua itu terjadi kadang ketika ia harus menyelesaikan setoran hafalan yang menumpuk serta situasi yang hanya dilingkungan pesantren yang relatif ketat membuat ia kesulitan untuk melampiaskan emosinya sehingga terlepas begitu saja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Mengetahui berapa tingkat intensitas menghafal Al-Qur’an santriwati Pondok Pesantren Mahyajatul Qurra’ Pontianak. 2) Mengetahui berapa tingkat kecerdasan emosional santriwati Pondok Pesantren Mahyajatul Qurra’ Pontianak. 3) Mengetahui hubungan antara intensitas menghafal Al-Qur’an terhadap tingkat kecerdasan emosional santriwati Pondok Pesantren Mahyajatul Qurra’ Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi yang digunakan adalah santriwati di di pondok pesantrren tahfidz qu’an mahyajatul qurra’ pontianak sebanyak 85 responden. Pengambilan data menggunakan skala intensitas menghafal Al-Qur’an yang diadaptasi dari penelitian milik Rita Arianti (2018) dengan nilai reliabilitas Cronbach Alpa sebesar 0,922 dan skala kecerdasan emosional yang diadaptasi dari penelitian milik Rita Arianti (2018) dengan nilai reliabilitas Cronbach Alpa sebesar 0,812.
Penelitian menunjukkan hasil yaitu (1) Tingkat intensitas menghafal Al-Qur’an pada santriwati di Pondok Pesantren Mahyajatul Qurra’ Pontianak berada pada kategori sedang sebesar (68%). (2) Tingkat kecerdasan emosional pada santriwati diperoleh dengan kategori sedang sebanyak (73%). (3) Hasil dalam penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan adanya hubungan antara intensitas menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan emosional dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,505, juga analisis r square didapatkan hasil sebesar 0,255 yang berarti sebesar 25,5%.