IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN OLEH GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NAJAH AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.author Wahyudi, Wahyudi
dc.date.accessioned 2023-12-08T05:04:10Z
dc.date.available 2023-12-08T05:04:10Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4209
dc.description.abstract Latar belakang dalam penelitian ini bahwa karakter siswa di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah di sini cukup memperhatinkan sekali karena ada beberapa siswa yang karakternya masih kurang seperti mereka kurang disiplin masuk kelas, tanggung jawab terhadap tugas seperti PR jarang di kerjakan, sikap sopan santun juga masih kurang terhadap gurunya di sini. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bentuk pelaksanaan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran oleh guru rumpun Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Ambawang, 2) mengetahui kendala guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Ambawang. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif. Pendekatakan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru rumpun pendidikan agama Islam dan Kepala Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Ambawang. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data, kecukupan referensi, mengadakan member chek. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Bentuk pelaksanaan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Darun Najah Ambawang yaitu dengan menanamkan gotong royong di Sekolah, memberikan reward berupa pujian-pujian, menerapkan sikap jujur, siswa harus mengerjakannya sendiri di rumah, mengingatkan sikap disiplin baik di dalam kelas maupun di luar kelas, bertutur kata yang baik, mengajarkan tentang sikap peduli, 2) Kendala guru rumpun Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran yaitu mudahnya fasilitas internet sehingga jika tidak dibimbing dengan baik, guru sendiri belum sepenuhnya memahami konsep pendidikan karakter secara utuh, sehingga menjadi tanggung jawab kepala sekolah untuk memberikan pembinaan secara berkelanjutan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran en_US
dc.title IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN OLEH GURU RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUN NAJAH AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account