Abstract:
Pengenalan bahasa semenjak dini, mempermudahkan anak untuk
meningkatkan bahasa pada jenjang pendidikan selanjutnya. semakin banyak
kata atau pembendaharaan kata yang dikuasai maka anak akan dapat
berkomunikasi dengan lancar. bahasa sebagai salah satu dari kemampuan
dasar yang harus dimiliki oleh setiap anak, sebab bahasa diperlukan dalam
berkomunikasi, bahasa mempunyai peran yang sangat penting bagi
kehidupan manusia. menjelaskan bahwa untuk mengenalkan atau
mengajarkan kosakata bahasa pada anak harus dirancang metode dan media
pembelaran yang inovatif dan beragam, sehingga anak tertarik dalam
mempelajari kosakata Bahasa Maka dari itu dibangun game edukasi Alif
Journey In Learning Arabic And English Pada game ini menggunakan
software engine Construc 2.
Tujuan dari penelitian ini adalahh untuk mengetahui: 1) bagaimana
rancangan Game Edukasi Alif Journey In Learning Arabic And English. 2)
bagaimana kelayakan Game Edukasi Alif Journey In Learning Arabic And
English.
Metode Penelitian ini mengunakan jenis penelitian R & D atau
dalam bahasa inggrisnya Reseach and development adalah metode penelitian
yang digunakan untuk menehasilkan produk tertentu, dan menguji
keefektifan produk tersebut pengembang ini mengangkat model
pengembangan Richey And Klien. Dengan menggunakan 5 langkah
pengembangan yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Informasi (3)
Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Produk.
Hasil validasi oleh Ahli Materi 80%, Ahli Bahasa Arab dan Bahasa
Inggris 92,5%, Ahli Media 77%. Jumlah rata-rata validasi adalah 84%, maka
diperoleh kesimpulan sudah layak karena berada dalam katagori “sangat
baik” hal ini dibuktikan dengan penilain dari validator.