Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif pada
anak usia 5-6 tahun, serta belum menggunakan metode pembelajaran dengan
menggunakan eksperimen pencampuran warna. Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan informasi serta menganalisis tentang. 1) Kemampuan kognitif
mengenal warna paada anak usia dini usia 5-6 tahun sebelum menggunakan
metode eksperimen pencampuran warna. 2) Pelaksanaan kegiatan metode
eksperimen pencampuran warna pada anak usia dini usia 5-6 tahun. 3)
Kemampuan kognitif mengenal warna pada anak usia dini usia 5-6 tahun setelah
menggunakan metode eksperimen pencampuran warna.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan
metode kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah kelompok kelas Lavender TK Idhata Pontianak yang
berjumlah 18 anak. Untuk mendapatkan data penelitian menggunakan observasi,
dokumentasi, dan pengukuran.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pelaksanaan pra
tindakan langkah pertama yang dilakukan peneliti sebelum melaksanakan
tindakan kelas adalah melakukan pengamatan awal berupa kegiatan pra tindakan
untuk bisa mengetahui keadaan awal proses pembelajaran mengenal warna-warna
primer dan sekunder. Pada pra tindakan, hasil dari tiga aspek yang diamati yaitu
aspek mengklasifikasi warna sebesar 27,8%, aspek menyebutkan warna sebesar
44%, aspek menunjukkan warna sebesar 22%. Untuk pelaksanaan kegiatan
metode eksperimen pencampuran warna pada anak usia dini terutama untuk usia
5-6 tahun di TK Idhata Pontianak. Tahap pertama yang dilakukan adalah pratindakan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Kemudian dilanjutkan dengan Siklus I dan Siklus II. Pada siklus I persentase
pemahaman anak meningkat yaitu aspek mengklasifikasi warna sebesar 61%,
aspek menyebutkan warna sebesar 72%, aspek menunjukkan warna sebesar 66%
dan untuk siklus II peningkatannya menjadi 89% pada aspek mengklasifikasi
warna, 100% pada aspek menyebutkan warna, dan 100% pada aspek
menunjukkan warna.