Abstract:
Penelitian ini membahas tentang Peran
Bank Kalbar Cabang Sintang dalam Membantu Konsumen PT. Sugi
Graha Indah Sintang untuk Proses Jual Beli Perumahan BTN Graha
Indah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui
peran Bank Kalbar dalam mengatasi permasalahan konsumen PT. Sugi
Graha Indah 2) Untuk mengetahui peran Bank Kalbar dalam
mempermudah proses kerja PT. Sugi Graha Indah 3) Untuk mengetahui
kerja sama antara Bank Kalbar dan PT. Sugi Graha Indah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
desktiptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang
diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Data yang di dapat adalah hasil wawancara peneliti bersama
Departemen Bagian Kredit Bank Kalbar Cabang Sintang, kemudian
wawancara peneliti bersama Chief Marketing Officier PT. Sugi Graha
Indah Sintang, dan juga wawancara peneliti bersama Konsumen PT. Sugi
Graha Indah Sintang.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Bank Kalbar Cabang Sintang ini
dapat memudahkan proses kerja PT. Sugi Graha Indah Sintang dalam
segi pembiayaan perumahan BTN Graha Indah. 2) Konsumen merasa
nyaman dengan penyaluran kredit yang Bank Kalbar Cabang Sintang
berikan dengan hal ini konsumen lebih cepat dalam proses pembelian
unit rumah. 3) dengan kerjasama Bank Kalbar dengan PT. Sugi Graha
Indah maka kedua belah pihak sama-sama mendapatkan keuntungan dari
penambahan nasabah, konsumen maupun untung bunga.