ANALISIS RESPONS MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA PEGADAIAN SYARIAH DI KECAMATAN MATAN HILIR UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Luqman, Luqman
dc.contributor.advisor Rahmap, Rahmap
dc.contributor.author Iskandar, Iskandar
dc.date.accessioned 2023-10-23T01:33:08Z
dc.date.available 2023-10-23T01:33:08Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4082
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah untuk melihat dan mencari serta mengetahui bagaimana pemahaman dan respons masyarakat di Kecamatan Matan Hilir Utara terhadap produk Pegadaian Syariah. Selain itu, berangkat dari latar belakang diatas peneliti ingin menggali faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dalam peningkatan pemahaman masyarakat di Kecamatan Matan Hilir Utara serta apa yang menjadi penentu dalam masyarakat menentukan pilihan atau respos dan sikapnya untuk bertransaksi di Pegadaian Syariah. Masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana respons masyarakat terhadap lembaga pegadaian syariah di Kecamatan Matan Hilir Utara”. Yang menjadi fokus penelitian ini terdiri dari: 1). Bagaimana pemahaman masyarakat di Kecamatan Matan Hilir Utara terhadap produk Pegadaian Syariah. 2). Bagaimana sikap dan perilaku masyarakat di Kecamatan Matan Hilir Utara terhadap produk Pegadaian Syariah. Adapun tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang subyektif mengenai Pemahaman dan sikap serta perilaku masyarakat di Kecamatan Matan Hilir Utara terhadap produk Pegadaian Syariah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan diskriptif, teknik dan alat pengumpul data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat oleh peneliti adalah sebagian besar masyarakat di Kecamatan Matan Hilir Utara belum atau tidak mengetahui mengenai Pegadaian Syariah. Hal ini disebabkan karena Program dari Unit Pegadaian Syariah di Kabupaten Ketapang tidak terlaksana sesuai rencana. Selain itu, kurangnya sosialisasi dan promosi sehingga masyarakat di Kecamatan Matan Hilir Utara tidak bisa mendapatkan Informasi terkait Pegadaian Syariah. Ada juga faktor kurangnya rasa ingin tahu masyarakat dalam mengakses informasi sehingga tingkat pemahaman masyarakat terbatas. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan masyarakat di Kecamatan Matan Hilir Utara, masyarakat sangat responsif dan berterima kasih karena berkat wawancara yang dilakukan peneliti membuat masyarakat mengetahui bahwa ada Unit Pegadaian Syariah di Kabupaten Ketapang dan keuntungan serta kelebihan dari Pegadaian Syariah dibandingkan Pegadaian Konvensional. Masyarakat di Kecamatan Matan Hilir Utara berharap bisa didirikan unit Pegadaian Syariah di Kecamatan Matan Hilir Utara dan perlu adanya sosialisasi dan promosi secara intens baik langsung maupun melalui media sosial. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Respons Mayarakat en_US
dc.title ANALISIS RESPONS MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA PEGADAIAN SYARIAH DI KECAMATAN MATAN HILIR UTARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account