IMPLIKASI EKONOMI PANDEMI COVID-19 PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MUSLIM DI KOTA PONTIANAK KALIMANTAN BARAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zaenuddin, Zaenuddin
dc.contributor.advisor Iqbal, Ichsan
dc.contributor.author Setiawan, Herman
dc.date.accessioned 2023-10-23T01:05:22Z
dc.date.available 2023-10-23T01:05:22Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4081
dc.description.abstract Implikasi Ekonomi Pandemi Covid-19 terhadap UMKM Muslim adalah suatu akibat yang muncul atau terjadi karena suatu kejadian yang luar biasa yaitu Pandemi Covid-19 terhadap pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Muslim yang ada di Kota Pontianak Propinsi Kalimantan Barat, sehingga dengan dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden bapak Ir. Jokowi yang tertuang dalam instruksi Mendagri nomor 50 dan 51 Tahun 2022, maka akan ada penyesuaian kembali khususnya terkait pelaku UMKM, terkait masalah perekonomin dan sistem penjualan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implikasi Ekonomi Pandemi Covid-19 terhadap pelaku UMKM Muslim dalam upaya meningkatkan omset perekonomian dan sistem penjualan bahan-bahan produk UMKM. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah yang ada di Kota Pontianak. Tehnik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implikasi ekonomi setelah pandemi Covid-19 lebih baik dari pada masa pandemi Covid-19 terkait masalah penjualan produk-produk UMKM, sehingga berimbas juga kepada hasil penjualan yang berupa omset setiap harinya, namun semuanya harus di sertai sistem penjulan yang menyesuaikan dengan kondisi teknologi saat ini, sehingga dibutuhkan yang nama penjualan secara digital (digital marketing), melalui sosial media baik yang berupa E-commerce, Digital Marketing, Customer Relationship Marketing (CRM). Sedangkan faktor-faktor pendukung terhadap implikasi ekonomi tersebut adalah Pertama, bahan-bahan pokok pembuatan produk yang terjangkau baik yang berhubungan dengan tersedia material dan harga juga. Kedua, SDM yang mampu mengaplikasikan penjaulan secara digital (digital marketing). Ketiga, Permodalan yang mencukupi dengan suku bunga yang ringan. Adapun kendala-kendala yang di hadapi oleh pelaku UMKM adalah sebagai berikut : Pertama, bahan-bahan pokok cenderung naik dengan stok terbatas, Kedua, SDM pelaku UMKM yang masih rendah, Ketiga, permodalan yang masih kurang/minim. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Implikasi Ekonomi en_US
dc.subject Pandemi Covid-19 en_US
dc.subject UMKM Muslim en_US
dc.title IMPLIKASI EKONOMI PANDEMI COVID-19 PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MUSLIM DI KOTA PONTIANAK KALIMANTAN BARAT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account