PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor A, Rustam
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Francisca, Syerina
dc.date.accessioned 2023-10-20T02:44:15Z
dc.date.available 2023-10-20T02:44:15Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4069
dc.description.abstract Penelitian ini berawal dari keingintahuan peneliti untuk melihat pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam berdasarkan kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa (1) Penyusunan rencana pembelajaran atau modul ajar, (2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam berdasarkan kurikulum merdeka, dan (3) Penyusunan asesmen dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berdasarkan kurikulum merdeka di SMP Negeri 3 Sungai Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan melakukan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik keabsahan data dilakukan dengan proses memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, melakukan triangulasi dan mengadakan member check. Sedangkan analisis data dilakukan dengan melalui kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Penyusunan modul ajar dilakukan guru pendidikan agama Islam dengan cara memodifikasi modul ajar yang telah disediakan oleh kemendikbud melalui website resmi kurikulum merdeka, dimana kegiatan pembelajarannya disesuaikan dengan keadaan peserta didik; (2) Pelaksanaan pembelajaran merupakan bentuk implementasi dari modul ajar yang telah dibuat oleh guru. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat tiga kegiatan di dalamnya yang harus dilakukan oleh guru yaitu kegiatan pendahuluan, dimana guru mengucapkan salam dan berdo’a, mengadakan apersepsi dan preetest. Kegiatan inti dimana guru melakukan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara terstruktur sesuai alur pembelajaran pada kurikulum merdeka, dan kegiatan penutup dimana guru membuat kesimpulan dengan melibatkan peserta didik, mangadakan post test, membaca do’a dan mengucapkan salam penutup; dan (3) Penyusunan asesmen dalam kurikulum merdeka dibagi menjadi tiga yakni: Pertama, asesmen diagnostik dengan cara membagikan kuesioner untuk melihat gaya (profil) belajar peserta didik, dan melakukan pengamatan dalam setiap pelaksanaan pembelajaran untuk melihat kesiapan belajar peserta didik. Kedua, asesmen formatif dilakukan dengan menggunakan teknik tes tertulis maupun lisan yang dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung. Ketiga, penyusunan asesmen sumatif pada akhir semester adalah dengan menyusun tes tertulis dalam bentuk essay dan pilihan ganda yang dibuat bersama tim MGMP PAI se-kabupaten Kubu Raya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.title PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account