POLA INTERAKSI PENDIDIK DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BP DI SMPN 4 SUNGAI AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author Pratiwi, Suci Amalia
dc.date.accessioned 2023-10-20T02:29:31Z
dc.date.available 2023-10-20T02:29:31Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4067
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena pelaksanaan pembelajaran oleh pendidik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti telah melaksanakan pola interaksi belajar secara beragam dan positif (satu, dua, dan multi/banyak arah) selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan penelitian ini difokuskan pada interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam menciptakan suasana belajar PAI dan BP. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan pola interaksi satu arah antara pendidik PAI dan BP dengan peserta didik, 2) mendeskripsikan pola interaksi dua arah antara pendidik PAI Dan BP dengan peserta didik, 3) mendeskripsikan pola interaksi multi/banyak arah antara pendidik PAI dan BP dengan peserta didik, dan 4) mendeskripsikan suasana belajar pada pembelajaran PAI dan BP di SMPN 4 Sungai Ambawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk memperoleh data, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan membercheck. Sumber data dalam penelitian ini adalah pendidik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) dan peserta didik. Berdasarkan data dan hasil analisis, penelitian ini menyimpulkan sebagai berikut: 1) pola interaksi satu arah, terlaksana secara operasional pendidik sebagai pemberi aksi dan peserta didik sebagai penerima aksi, dilaksanakan melalui metode ceramah. 2) pola interaksi dua arah, terlaksana secara operasional dimana pendidik dan peserta didik berperan sebagai pemberi dan penerima aksi, dilaksanakan melalui metode tanya jawab. 3) pola interaksi multi/banyak arah, terlaksana dimana interaksi terjadi secara bebas antara pendidik dan peserta didik atau sebaliknya serta peserta didik dengan peserta didik. 4) suasana belajar dalam pembelajaran PAI dan BP berjalan efektif dengan pelaksanaan pola interaksi yang bergam dan positif telah terbangun dalam proses pembelajaran terlaksana dalam indikator belajar melibatkan peserta didik secara aktif, metode belajar bervariasi, motivasi pendidik terhadap peserta didik, suasana demokratis, pelajaran dihubungkan dengan kehidupan nyata, interaksi belajar yang kondusif, dan pemberian evaluasi dan remedial. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pola Interaksi Pendidik en_US
dc.subject Peserta didik en_US
dc.title POLA INTERAKSI PENDIDIK DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN BP DI SMPN 4 SUNGAI AMBAWANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account