PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL GERAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VII MTS AL-HUDA MENUKUNG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.author Sofia, Sofia
dc.date.accessioned 2023-10-20T02:21:01Z
dc.date.available 2023-10-20T02:21:01Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4066
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi pada proses pembelajaran yang monoton dan kurangnya interaksi antara guru dan siswa serta interaksi sesame siswa. Akibarnya, hasil belajar siswa berada di bawah standar ketuntasan yang ditetapkan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini: secara umum tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam melalui media audio visual gerak. Secara khusus, (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penggunaan media audio visual gerak dalam meningkatkan hasil belajar siswa; (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penggunaan media audio visual gerak dalam meningkatkan hasil belajar siswa; (3) Untuk memaparkan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual gerak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi (Mixed Methods) dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian di MTs AlHuda Menukung. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa/siswi kelas VII, proses pembelajaran dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik penggumpulan data yakni observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data mulai dari kondensasi data, penyajian data, serta penarikan simpulan/verifikasi. Untuk pemeriksaan kredibilitas data menggunakan perpanjang masa pengamatan. Setelah dilakukan analisis data terhadap hasil data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media audio visual gerak dalam menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih bersifat monoton tanpa adanya kreativitas guru untuk meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa tidak aktif ketika pembelajaran berlangsung terlihat. (2) Proses pembelajaran ketika menggunakan media audio visual gerak para siswa aktif dan menunjukkan minat yang besar 78% terlihat saat proses pembelajaran berlangsung siswa mulai tertarik dan memperhatikan pembelajaran dengan fokus. (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terlihat dari tes yang dilakukan peneliti, terjadi peningkatan sebesar 80% dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject media audio visual gerak en_US
dc.subject hasil belajar siswa en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL GERAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS VII MTS AL-HUDA MENUKUNG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account