Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru aqidah akhlak dalam membina
akhlak peserta didik serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru aqidah
akhlak dalam membina akhlak peserta didik kelas IV di MIS NU II Pontianak.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Sumber data primer adalah guru aqidah akhlak yang berjumlah 1 orang, sedangkan sumber
data sekunder adalah 20 peserta didik, 1 wali murid, 1 guru kelas, dan dokumen-dokumen
yang mendukung penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan,
wawancara terpimpin, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Peserta didik kelas IV di MIS
NU II Pontianak telah menujukkan akhlak yang baik dalam bersikap, berkomunikasi,
menghormati dan menjaga tata tertib terhadap orang tua, guru, dan sesama teman. Namun,
sebagaian peserta didik belum menujukkan akhlak yang baik terhadap guru dan teman. (2)
Peran guru aqidah akhlak diterapkan melalui peran sebagai pemberian latihan dan
pembiasaan akhlak mulia, teladan, nasehat dan motivasi, arahan dan teguran, serta pemberi
sanksi dan hukuman. Namun, kurang dalam peran mengawasi akhlak peserta didik. (3)
Pendukung guru aqidah akhlak dalam membina akhlak adalah pemahaman peserta didik
terhadap pembelajaran aqidah akhlak, dasar ajaran agama yang ditanamkan sejak kecil, dan
kepribadian siswa, sedangkan hambatan guru aqidah akhhlak adalah dari lingkungan
keluarga, sekolah, masyarakat, dan perkembangan teknologi.