ANALISIS PELAKSANAAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 SELAKAU TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Mulyawan, Nico
dc.date.accessioned 2023-10-19T01:44:23Z
dc.date.available 2023-10-19T01:44:23Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4043
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangin dari peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang pokok-pokok instruksi umum dalam penjelasan pasal 28 ayat (3) huruf a, secara gamblang telah tergambar bahwa kompetensi pedagogik adalah kemampuan untuk mengawasi penyelenggaraan siswa, yang menggabungkan pemahaman siswa, pengambilan rencana dan pelaksanaan, menilai hasil belajar, dan menciptakan siswa untuk menyelesaikan berbagai tugas belajar mereka dalam latihan-latihan pembelajaran, penting untuk menyebutkan kemampuan-kemampuan penting yang ditunjukkan oleh seorang guru. Namun pada kenyataannya, tidak semua pengajar memiliki kemampuan dasar mengajar yang memuaskan. Dengan demikian, guru PAI harus mampu mendesain pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa. Siswa sebagai target pengajaran, perlu dikembangkan sesuai dengan kemampuannya dengan menggunakan pelayanan individu atau pengelompokan kecil. Maka timbullah keterampilan yang harus dikuasai guru yaitu mengajar kelompok kecil dan perorangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami cara guru membentuk kelompok kecil dan perorangan, pelaksanaan diskusi dalam kelompok, serta bentuk presentasi yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deduktif-induktif melalui metode deskriptif kualitatif metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. Metode ini memberikan fokus untuk memahami kejadian mengenai apa yang terjadi oleh subjek penelitian baik dari segi perilaku, motivasi, persepsi dan lain-lain secara menyeluruh serta dideskripsikan dalam bentuk katakata sesuai konteks yang terjadi dengan memanfaatkan segala metode ilmiah. Hasil penelitian ini yaitu: Guru membentuk kelompok kecil dan perorangan melalui enam tahapan yakni identifikasi topik, perencanaan tugas, investigasi siswa, penyusunan laporan akhir, presentasi hasil investigasi dan evaluasi. Dalam presentasi kelompok kecil, peserta didik berdiskusi, mengumpulkan informasi, dan mempresentasikan ulang materi dengan rasa percaya diri, serta saling tukar informasi dengan kelompok lain. Pelaksanaan pembelajaran diskusi kelompok kecil dan perorangan di SMA Negeri 1 Selakau melibatkan pembentukan kelompok belajar heterogen, diskusi, pengumpulan informasi, presentasi, dan pertukaran informasi antar kelompok. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan mengajar en_US
dc.subject kelompok kecil dan perorangan en_US
dc.title ANALISIS PELAKSANAAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 SELAKAU TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account