dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ekstrakurikuler syarhil qur’an yang tidak
banyak diminati oleh peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Hal ini
dikarenakan banyaknya ekstrakurikuler yang ada di Madrasah Aliyah Negeri 1
Pontianak hingga mencapai 37 ekstrakurikuler. Namun walaupun peminat nya
sedikit, peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler syarhil qur’an ini banyak
mengukir prestasi dalam ajang perlombaan MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an)
dari perlombaan antar sekolah, provinsi hingga nasional. Hal ini menjadi
ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian terkait pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler syarhil qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Tujuan pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler syarhil qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak Tahun
Ajaran 2022/2023. 2) Alasan pentingnya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler
syarhil qur’an dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak Tahun Ajaran
2022/2023. 3) Langkah-langkah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler syarhil di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif dan pendekatan fenomenologi. Subjek dari penelitian ini adalah
penanggung jawab ekstrakurikuler syarhil qur’an dan 7 orang peserta didik yang
mengikuti ekstrakurikuler syarhil qur’an di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak.
Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan
dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
display data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler syarhil qur’an berjalan dengan baik, dari kegiatan awal hingga
kegiatan akhir. Hasil penelitian disimpulkan bahwa; 1) Terdapat 5 tujuan dari
pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler syarhil qur’an yaitu meningkatkan kreativitas,
meningkatkan percaya diri, meningkatkan skill dalam public speaking,
meningkatkan pemahaman dan pendalaman agama, sebagai bekal dalam
berdakwah, 2) Terdapat alasan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler syarhil
qur’an, yaitu untuk mewadahi bakat dan minat peserta didik yang memiliki
kemampuan dalam berdakwah. 3) Terdapat tiga langkah-langkah dalam
pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler syarhil qur’an, yaitu Pertama, peserta didik
diberikan teks syarhil qur’an dan harus memahami serta menghafal isi dari teks
syarahan. Kedua, peserta didik bergilir untuk menampilkan syarahan dengan tim
yang sudah ditentukan. Ketiga, ditutup dengan evaluasi dan kata-kata motivasi
untuk peserta didik. |
en_US |