PELAKSANAAN KETERAMPILAN GURU MEMBERIKAN PENGUATAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author Nisa, Khoirun
dc.date.accessioned 2023-10-19T00:53:56Z
dc.date.available 2023-10-19T00:53:56Z
dc.date.issued 2023-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4038
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) apa saja bentuk penguatan yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran fikih kelas XI di MAN 3 Pontianak 2) keterampilan guru memberikan penguatan dalam pembelajaran fikih kelas XI di MAN 3 Pontianak 3) cara guru fiqih memberikan variasi penguatan dan dampaknya memberikan penguatan pada saat pembelajaran sedang berlangsung kelas XI di MAN 3 Kota Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber penelitian yang digunakan primer berupa wawancara kepada kepala madrasah, guru fiqih dan peserta didik kelas XI di MAN 3 Kota Pontianak. Dan sekunder berupa buku yang digunakan, foto dan data arsip. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah : (1) Bentuk penguatan yang diberikan guru fiqih kepada peserta didik kelas XI di MAN 3 Pontianak yaitu bentuk penguatan verbal dan non verbal. Penguatan yang lebih sering digunakan oleh guru fiqih dikelas yaitu berupa kata-kata pujian seperti bagus, pintar dan pujian lainnya yang membuat peserta didik merasa pencapaian nilainya dihargai sedangkan guru juga biasanya memberikan penguatan berupa pemberian penghargaan seperti berupa tambahan nilai ataupun memberikan sebuah reward kepada peserta didik yang aktif dikelas dan tak jarang guru memberikan motivasi berupa sentuhan kepada peserta didik yang rajin seperti menepuk-nepuk pundak peserta didik, bertepuk tangan dan lain sebagainya. (2) Keterampilan guru memberikan penguatan dalam pembelajaran fiqih kelas XI di MAN 3 Pontianak. Keterampilan memberikan penguatan dalam proses pembelajaran fiqih merupakan keterampilan seorang guru dalam merespon secara aktif suatu tingkah laku tertentu peserta didik yang memungkinkan tingkah laku tersebut muncul kembali. Ada beberapa komponen dalam memberi penguatan saat proses pembelajaran sedang berlangsung yaitu penguatan verbal dan non verbal. Dengan adanya pemberian penguatan seperti ini yaitu untuk meningkatkan perhatian peserta didik terhadap pelajaran, merangsang dan meningkatkan motivasi belajar, dan meningkatkan kegiatan belajar serta membina tingkah laku peserta didik yang produktif. (3) Variasi yang digunakan guru dalam memberikan penguatan sangat bervariasi serta dampaknya dalam memberikan penguatan. Variasi pemberian penguatan dibagi menjadi dua yaitu penguatan positif dan negative berdasarkan tujuannya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan Memberikan penguatan en_US
dc.subject Guru fiqih en_US
dc.title PELAKSANAAN KETERAMPILAN GURU MEMBERIKAN PENGUATAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account