PERAN GURU DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS V TINJAUAN HIERARKI KEBUTUHAN ABRAHAM MASLOW DI SDN 11 MEMPAWAH HILIR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.author Juniarti, Juniarti
dc.date.accessioned 2023-10-18T04:20:53Z
dc.date.available 2023-10-18T04:20:53Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4037
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang memiliki peran vital dalam keberhasilan proses pembelajaran. Terkait hal itu, dalam proses pembelajaran disekolah peserta didik memiliki ragam kebutuhan. Mengingat peserta didik sekolah dasar bukanlah orang dewasa, tidak mungkin peserta didik mampu secara mandiri memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu gurulah yang harus menjadi orang tua kedua yang memenuhi kebutuhan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Beberapa kebutuhan tersebut sebagaimana teori Abraham Maslow adalah kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan kasih sayang, kebutuhan dihargai, dan kebutuhan aktualisasi diri. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam pemenuhan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam memenuhi kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran PAI kelas V tinjauan hierarki kebutuhan Abraham Maslow di SDN 11 Mempawah Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus penelitian, adapun yang dijadikan sebagai responden penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam sebagai data primer, kepala sekolah dan siswa sebagai data sekunder. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check. Berdasarkan paparan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: 1) Guru PAI telah menjalankan perannya untuk memenuhi kebutuhan peserta didik kelas V SDN 11 Mempawah Hilir, adapun perannya yaitu sebagai sebagai pendidik, pembimbing, motivator, mediator, evaluator, dan berperan sebagai orang tua kedua. 2) Bentuk pemenuhan yang dilakukan guru yaitu menyiapkan media dan menggunakan sumber dan metode belajar, menciptakan suasana kelas yang kondusif, menerapkan mekanisme reward and punishment, menerapkan mekanisme penyelesaian konflik, berprinsip, pemberian sentuhan dan panggilan sayang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran Guru PAI en_US
dc.subject Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow en_US
dc.title PERAN GURU DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS V TINJAUAN HIERARKI KEBUTUHAN ABRAHAM MASLOW DI SDN 11 MEMPAWAH HILIR TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account