Abstract:
Adapun latar belakang dari penelitian ini untuk melihat bagaimana pelaksanaan
pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak apakah guru AlQur’an Hadist melakukan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan mengetahui
1. Bagaimana pelaksanaan kegiatan awal pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di
MTS Negeri 2 Pontianak. 2. Bagaimana pelaksanaan kegiatan inti pembelajaran AlQur’an Hadits kelas VII di MTS Negeri 2 Pontianak. 3. Bagaimana pelaksanaan
kegiatan akhir pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTS Negeri 2 Pontianak.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif, untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus penelitian, peneliti
menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan yang
menjadi sumber data yang digunakan adalah guru Al-Qur’an Hadits yang mengajar di
kelas VII Mts Negeri 2 Pontianak. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Pelaksanaan kegiatan awal pembelajaran
Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs Negeri 2 Pontianak terdiri dari: mengucap salam
lalu membaca Al-Qur’an, mengabsen peserta didik, melakukan motivasi awal,
apersepsi dan pretest, dalam pelaksanaan kegiatan awal guru Al-Qur’an Hadits belum
melakukan kegiatan awal sesuai kurikulum 2013. 2. Pelaksanaan kegiatan inti
pembelajaran Al-Qur’an di kelas VII Mts Negeri 2 Pontianak Hadits terdiri dari:
kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan
mengomunikasikan dikegiatan inti ini guru Al-Qur’an Hadits melaksanakan seluruh
kegiatan inti. 3. Kegiatan akhir pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII MTs
Negeri 2 Pontianak terdiri dari: memberikan tugas/evaluasi, memberikan motivasi
akhir, menutup pembelajaran dengan doa khataman Al-Qur’an dan salam, dalam
kegiatan akhir guru Al-Qur’an Hadits belum melakukan kegiatan akhir sesuai dengan
kurikulum 2013.