Abstract:
Peneitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa SMP Negeri
2 Pontianak dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah. Karena itu,
tujuan penelitian ini untuk mendapatkan dan mendeskripsikan 1) motivasi belajar
siswa kelas VII E sebelum diterapkan model pembelajaran project based learing di
SMPN 2 Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023, 2) penerapan model pembelajaran
project based learning pada siswa kelas VII E di SMPN 2 Pontianak Tahun Ajaran
2022/2023, 3) motivasi belajar siswa kelas VII E sesudah diterapkan model
pembelajaran project based learning di SMPN 2 Pontianak Tahun Ajaran
2022/2023, 4) peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII E sesudah diterapkan
model pembelajaran project based learning di SMPN 2 Pontianak Tahun Ajaran
2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan
jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP
Negeri 2 Pontianak tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa dengan
menggunakan skala motivasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa meningkatkan motivasi belajar siswa
melalui model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran PAI dan
Budi Pekerti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2
Pontianak. Motivasi belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran project
based learning dengan rata-rata sebesr 38,82 meningkat menjadi 59,41 sesudah
dietarpkan model pembelajaran project based learning dikategorikan sedang.