CARA GURU MENANGGULANGI PESERTA DIDIK YANG KESULITAN MEMBACA QS. AL-LAIL AYAT 1-11 SESUAI MAKHARIJUL HURUF DENGAN METODE HATTAIYYAH DI KELAS VII (TAHFIDZ) MTs NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.author Nurcahyati, Desy
dc.date.accessioned 2023-10-18T01:50:24Z
dc.date.available 2023-10-18T01:50:24Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4021
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pada saat pembelajaran al-Qur’an Hadis yang mana peserta didik diperintah oleh guru untuk membaca al-Qur’an namun masih banyaknya peserta didik yang kesulitan dalam membaca al-Qur’an khususnya pada makharijul huruf atau tempat keluarnya huruf tersebut. Peserta didik masih keliru dalam penyebutan huruf hijaiyyah atau masih salah dalam mengeluarkan huruf hijaiyyah sesuai tempatnya. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini difokuskan pada kesulitan membaca al-Qur’an peserta didik sesuai makharijul huruf. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menanggulangi kesulitan membaca al-Qur’an pada peserta didik dikelas VII (Tahfidz) MTs Negeri 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII (Tahfidz) MTs Negeri 2 Pontianak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pengukuran dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu ketuntasan individu, Mean dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode Hattaiyyah pada makhraj al-Halq dari 17 orang menjadi 13 orang di siklus I dengan sebanyak 59,09% siklus II menjadi 8 orang dengan 36,36% selisih persentase sebesar 22,73%. Pada makhraj al-Khaisyum dari 16 orang menjadi 12 orang di siklus I sebanyak 54,54% siklus II menjadi 7 orang dengan 31,81% selisih persentase sebesar 22,73%. Pada makhraj al-Jauf dari 15 orang menjadi 5 orang di siklus I sebanyak 22,72% siklus II semua peserta didik sudah dapat ditanggulangi kesulitannya. Pada makhraj al-Lisan dari 14 orang menjadi 7 orang di siklus I sebanyak 31,81% siklus II semua peserta didik sudah dapat ditanggulangi kesulitannya. Pada makhraj asy-Syafatain dari 13 orang menjadi 6 orang di siklus I sebanyak 27,27% siklus II semua peserta didik sudah dapat ditanggulangi kesulitannya. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Hattaiyyah hanya dapat menanggulangi peserta didik yang kesulitan membaca al-Qur’an pada makhraj al-Jauf, al-Lisan dan asySyafatain. Sedangkan pada makhraj al-Halq dan al-Khaisyum belum dapat ditanggulangi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kesulitan Membaca al-Qur’an en_US
dc.subject Metode Hataiyyah dan Makharijul Huruf en_US
dc.title CARA GURU MENANGGULANGI PESERTA DIDIK YANG KESULITAN MEMBACA QS. AL-LAIL AYAT 1-11 SESUAI MAKHARIJUL HURUF DENGAN METODE HATTAIYYAH DI KELAS VII (TAHFIDZ) MTs NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account