PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN RUMAH TAHFIDZ AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AN IMAM SYAFI’I UNIT TANI MAKMUR KECAMATAN PONTIANAK SELATAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author Aldianto, Aldianto
dc.date.accessioned 2023-10-18T00:57:33Z
dc.date.available 2023-10-18T00:57:33Z
dc.date.issued 2023-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4016
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan lembaga pendidikan rumah qur’an imam syafi’I. 2) pengorganisasian lembaga pendidikan rumah qur’an imam syafi’i. 3) pelaksanaan kegiatan belajar di lembaga pendidikan rumah qur’an imam syafi’i. 4) evaluasi belajar hafidz dan hafidzah di lembaga pendidikan rumah qur’an imam syafi’i. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik komunikasi langsung dengan alat pedoman wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis model interaktif. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) perencanaan lembaga pendidikan rumah qur’an imam syafi’i ialah sesuai dengan visi, misi dan tujuan dari lembaga itu sendiri yaitu ingin memberantas buta aksara al-qur’an, mencetak penghafal al-quran yang berkualitas dan meningkatkan kegiatan keislaman di masyarakat, persiapan fasilitas belajar, pendanaan dan penganggaran serta rapat evaluasi tenaga pengajar; 2) pengorganisasian lembaga pendidikan rumah qur’an imam syafi’I sangat baik dilihat dari stuktur kepengurusan mulai dari adanya ketua yayasan, ketua cabang, sekretaris, bendahara, SDM dan kurikulum, HRD, bagian perlengkapan, Humas, infokom serta fundraising dan dakwah menjadikan suatu lembaga yang professional dalam menjalankan suatu lembaga pendidikan agar tujuan dari lembaga berjalan dengan baik; 3) pelaksanaan kegiatan di lembaga pendidikan rumah qur’an imam syafi’i antara lain satu halaqah maksimal 7 orang, materi ajar yang disesuaikan,pembinaan pengajar setiap bulan, pesantren ramadhan, pembagian rapot dan wisuda akbar ; 4) evaluasi belajar hafidz dan hafidzah di lembaga pendidikan rumah qur’an imam syafi’i dilakukan dengan 2 metode yaitu tes sumatif dan tes formatif yang dilakukan setiap hari untuk mengetahui perkembagan hafalan dan juga pembagian rapot persemester untuk menyampaikan perkembangan anaknya dan juga wisuda akbar yang diikuti bagi hafidz yang telah menyelesaikan hafalan qur’annya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pengelolaan Lembaga en_US
dc.subject Rumah Tahfidz en_US
dc.subject yayasan imam as-syafi’i en_US
dc.title PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN RUMAH TAHFIDZ AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AN IMAM SYAFI’I UNIT TANI MAKMUR KECAMATAN PONTIANAK SELATAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account