ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN MELALUI MEDIA SOSIAL DI KAMPUNG WISATA TENUN KHATULISTIWA KELURAHAN BATULAYANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Saragih, Eka Junila
dc.contributor.author Latifah, Latifah
dc.date.accessioned 2023-10-16T01:44:09Z
dc.date.available 2023-10-16T01:44:09Z
dc.date.issued 2023-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3983
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran kain tenun melalui media sosial dan untuk mengetahui kendala strategi pemasaran kain tenun melalui media sosial di Desa Wisata Tenun Khatulistiwa, Keluruhan Batulayang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan kesimpulan. Masa berlaku data menggunakan member check. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa: 1) strategi pemasaran kain tenun melalui media sosial, pemilik usaha memasarkan kain tenun tersebut melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatssApp. Pada tampilan homepage media sosial akun kain tenun, pemilik usaha hanya menampilkan beberapa kegiatan seperti pameran yang diadakan, berbagi produk kain tenun, dan kunjungan dari konsumen. Pemilik bisnis mengutamakan pemasaran langsung kepada konsumen, pemasaran melalui media sosial hanya dilakukan di waktu senggang sehingga pemasaran online kurang efektif dan efisien, serta pemilik bisnis kain tenun selalu menerapkan prinsip pemasaran syariah dalam menjalankan bisnisnya. Dalam kegiatan pemasaran, nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, transparansi dan ketulusan selalu diterapkan. 2) Kendala strategi pemasaran kain tenun melalui media sosial adalah kurangnya kesadaran digital, kurangnya keahlian dalam pemasaran digital, kurangnya dana dan persaingan dengan produk sejenis menjadi kendala bagi pemilik bisnis kain tenun dalam menyarankan produk melalui berbagai media sosial. Sehingga pemasaran hanya sebatas editing, tidak dilakukan setiap hari dan tidak diprioritaskan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Kain Tenun en_US
dc.title ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN MELALUI MEDIA SOSIAL DI KAMPUNG WISATA TENUN KHATULISTIWA KELURAHAN BATULAYANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account