Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana
Perencanaan Komunikasi yang dilakukan Humas Dinas Pariwisata dalam
Membangun Citra Positif Pantai Pecal; 2) Bagaimana Pelaksanaan
Komunikasi dalam Membangun Citra Positif Pantai Pecal; 3) Bagaimana
Humas Melakukan Evaluasi dalam Membangun Citra Positif Pantai Pecal.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode dalam
penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Sumber data
penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data
primer terdiri dari Humas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta
Pemerintah Desa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan alat dan pengumpulan data
berupa peneliti sendiri. Teknik analisis data dengan teknik Interaktif yaitu;
pengumpulan data, reduksi data, display data, menarik kesimpulan dan
verifikasi data. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu
teknik kecukupan referensi, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Strategi Humas dalam
Membangun Citra Positif Obyek Wisata Pantai Pecal melalui tiga tahapan,
yaitu: pada tahapan perencanaan komunikasi yang dilakukan melalui
pertemuan secara langsung atau FGD, merencanakan kegiatan dan tujuan
promosi wisata. Pada tahap Pelaksanaan Komunikasi yaitu, dengan
melaksanakan kegiatan yang ditentukan, partisipasi masyarakat, dan
sosialisasi kepada masyarakat dan pengunjung. Sedangkan dalam tahap
evaluasi yaitu, dilakukan rapat tahunan antara Humas Dinas dan Instansiinstansi yang bersangkutan dan rapat bulanan antara Pemerintah Desa
bersama Kelompok Sadar Wisata dan masyarakat setempat.