Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui
bagaimana bentuk-bentuk program yang terjadi pada saat bulan Ramadhan
1443 H/ 2022. 2) Bagaimana proses terjadinya Konvergensi Media Penyiaran
di Radio Sonora Pontianak pada Bulan Ramadhan 1443 H/ 2022
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Kantor Kompas Gramedia Radio NET
Work (KG Radio Network). Sumber data dari penelitian ini ialah data primer
dan sekunder, Yaitu: 1) Sumber data primer adalah Manager Station dan
Penyiar Radio Sonora; 2) Sumber sekunder adalah data yang diperoleh dari
dokumen berupa buku, jurnal, gambar, maupun foto. Teknik pengumpulan data
yaitu Observasi dan wawancara terstruktur dengan menyiapkan pedoman
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisa data
menggunakan, yaitu: 1) Reduksi data; 2) Penyajian data; 3) Penarikan
Kesimpulan/Verifikasi data.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Radio Sonora
Pontianak Terdapat Hasil penelitian mengenai Program yaitu: Program Sosial,
1) Berbagi Takjil; 2) Corporate Social Responsibility (CSR). Adapun terdapat
Program Media Sosial yaitu: 1). Semarak Sonora Ramadhan; 2) Live Report; 3)
Talkshow Sonora; 4) Ngobras (Ngobrol bebas bareng Sonora); 5) Sonora pagi
dan Sonora sore; 6) AMKM (Anda meminta kami memutar). Radio Sonora
Pontianak Proses Konvergensi mengikuti perkembangan sesuai dengan
pembaruan dari Konvergensi Media dengan mengubah saluran siaran menjadi
streaming pada media internet, Konvergensi yang terjadi meliputi; Konvergensi
Sosial, Konvergensi Ekonomi dan Konvergensi Teknologi.