HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 PONTIANAK (Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukmawati, Fitri
dc.contributor.advisor Amalia, Kiki
dc.contributor.author Wahyula, Umi
dc.date.accessioned 2023-10-03T03:16:50Z
dc.date.available 2023-10-03T03:16:50Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3834
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan pola asuh dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Pontianak (ditinjau dari tingkat pendidikan orangtua). Penelitian ini meggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto dan menggunakan pendekatan penelitian korelasional. Tempat penelitian terletak di Jalan Tanjung Raya II, Komplek Sekolah Terpadu, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa aktif SMA Negeri 9 Pontianak dan sampel penelitiannya adalah seluruh siswa aktif kelas X yang hadir saat pengambilan data. Cara pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Perolehan data berasal dari hasil pengisian kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan skala likert dan studi dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan, karena nila t hitung lebih besar dari nilai t tabel (14,395 > 1,972) dan nilai signifikan 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu, hubungan pola asuh orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Pontianak terkategori kuat yang ditunjukkan dari nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,713. Adapun pola asuh orang tua berkontribusi sebesar 50,9% pada motivasi belajar siswa, artinya semakin baik pola asuh yang diterapkan, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, karena masih ada pengaruh dari varibel lain diluar penelitian sebesar 49,1%. Sementara itu, untuk hasil penelitian dari hubungan tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar adalah tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar siswa. Hal itu dibuktikan dengan semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua, motivasi belajar siswa tidak semakin meningkat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pola Asuh en_US
dc.subject Tingkat Pendidikan Orang Tua en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 9 PONTIANAK (Ditinjau Dari Tingkat Pendidikan Orang Tua) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account