Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Tingkat religiusitas
pada guru Sekolah Dasar (SD) Bina Plus 45 Pontianak (2) Tingkat work
value pada guru Sekolah Dasar (SD) Bina Plus 45 Pontianak (3) Hubungan
religiusitas dan work value pada guru Sekolah Dasar (SD) sebanyak 33
orang di Bina Plus 45 Pontianak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik
korelasi product moment. Dalam penelitian ini menggunakan dua skala,
yaitu skala religiusitas yang diadopsi dari Yoni (2017 ) angket ini mengacu
pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Glock & Stark (dalam Ancok dan
Fuad, 2008) dan skala work value yang diadopsi dari Nur Mariana (2017),
mengacu pada aspek work value yang dikemukakan oleh Wollack (1971).
Hasil penelitian menunjukan (1) Tingkat religiusitas pada guru
Sekolah Dasar (SD) Bina Plus 45 di Pontianak tergolong tinggi dengan nilai
mean sebesar 94,4 dan standar deviasi adalah 13,97. (2) Tingkat work value
pada guru Sekolah Dasar (SD) Bina Plus 45 di Pontianak. tergolong tinggi
dengan nilai mean sebesar 55,21 dan standar deviasi adalah 13,97. (3)
Terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara religiusitas dengan
work value pada guru Sekolah Dasar (SD) Bina Plus 45 di Pontianak. Hal
ini didasarkan pada nilai Signifikansi (Sig.) sebesar 0,001 yang < dari Alpha
(0,05) dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hubungan antara
religiusitas dengan work value signifikan ( Hipotesis di terima).