EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK SE-KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Mawaddah, Nadiyah Alya
dc.date.accessioned 2023-09-26T03:10:12Z
dc.date.available 2023-09-26T03:10:12Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3779
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dinamika pembelajaran tatap muka terbatas dapat mempengaruhi efektivitas belajar, yang mungkin belum diketahui. Peneliti mengetahui bahwa belum ada penelitian yang melakukan pengukuran terhadap efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas pada tingkatan Taman Kanak-Kanak (TK) khususnya di Kota Pontianak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis bagaimana efektivitas pengelolaan pembelajaran tatap muka terbatas terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di TK-Se Kota Pontianak (2) Untuk menganalisis bagaimana efektivitas aktivitas pembelajaran tatap muka terbatas terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di TK-Se Kota Pontianak (3) Untuk menganalisis bagaimana efektivitas ketuntasan pembelajaran tatap muka terbatas terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di TK-Se Kota Pontianak (4) Untuk Menganalisis bagaimana efektivitas sarana dan prasarana pembelajaran tatap muka terbatas terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di TK-Se Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian survey. Populasi dari penelitian ini adalah 30 TK se-Kota Pontianak yang tersebar di enam kecamatan Pontianak. Sampel penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan lembar kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil kuesioner efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas indeks nilai kepuasan maka didapatkan nilai (1) Pengelolaan pembelajaran dengan indeks kepuasan 3,11 dengan kategori “Efektif” (2) Aktivitas pembelajaran dengan nilai indeks kepuasan 3,14 dengan kategori “Efektif” (3) Ketuntasan pembelajaran dengan indeks kepuasan 3,10 degan kategori “Efektif) (4) Sarana Prasarana Pembelajaran dengan indeks kepusan 3,15 dengan kategori “Efektif) maka dapat di konversikan nilai indeks kepuasanya 3,125 dengan kategori ini pembelajaran tatatp muka terbatas terhadap perkembangan bahasa anak usia dini yaitu memiliki makna bahwa efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas terhadap perkembangan bahasa anak usia dini berada pada kategori Efektif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Pembelajaran Tatap Muka Terbatas en_US
dc.subject Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini en_US
dc.title EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK SE-KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account