EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK SE-KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.author Rahmadhani, Jhihan
dc.date.accessioned 2023-09-26T00:59:12Z
dc.date.available 2023-09-26T00:59:12Z
dc.date.issued 2023-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/3771
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dinamika pembelajaran tatap muka terbatas dapat mempengaruhi efektivitas belajar, yang mungkin belum diketahui. Peneliti mengetahui bahwa belum ada penelitian yang melakukan pengukuran terhadap efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas pada tingkatan taman kanakkanak (TK) khususnya di kota Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas terhadap perkembangan anak usia dini pada aspek sosialemosional di TK se-kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods jenis penelitian survey. Populasi dari penelitian ini adalah 30 TK se-kota Pontianak yang tersebar di enam kecamatan Pontianak. Sampel penelitian ini menggunakan Teknik proportionate stratified random sampling. Instrument untuk pengambilan data menggunakan lembar kuesioner, pedoman wawancara dan dokumentasi. Sebelum instrument digunakan, dilakukan uji validitas dengan menggunakan validitas isi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan hasil kuesioner persepsi guru yang dikonversikan ke nilai interval IKM, maka didapatkan nilai IKM sebesar 3,12 yaitu memiliki makna bahwa efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas terhadap perkembangan anak usia dini pada aspek sosial-emosional berada pada kategori efektif. 2) berdasarkan hasil wawancara ditemukan kendala yang dihadapi guru selama pembelajaran tatap muka terbatas terhadap aspek perkembangan sosial-emosional di sekolah adalah keterbatasan waktu dan pengaruh gadget serta sulitnya menilai aspek perkembangan sosial-emosional anak. Hal tersebut mengakibatkan anak menjadi susah untuk bersosialisasi kepada orang lain. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Pembelajaran Tatap Muka Terbatas en_US
dc.subject Sosial-Emosional en_US
dc.title EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK SE-KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account