Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam
mengucapkan kosakata bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk
mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab anak sebelum
menggunakan media Audio Visual Hyperlik dalam meningkatkan
pembelajaran kosakata Bahasa Arab ank kelompok B PAUD Setia Hati
Sambora 2) untuk mengetahui pelaksanaan bahasa Arab setelah
menggunakan media audio vidual hyperlink dalam mengembangkan kosakata
bahasa Arab anak kelompok B PAUD setia Hati Sambora 3) untuk mengetahu
hasil belajar anak setelah menggunakan media audio Visual Hyperlink dalam
meningkatkan pengunaan kosakata bahasa Arab anak kelompok B PAUD
Setia Hati Sambora tahun pelajaran.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan bentuk kolaborasi. Desain dalam penelitian ini menggunakan model
Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan metode
observasi, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu
dengan mencari nilai rata-rata cerita siswa dan persentasenya.
Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa penerapan penggunaan media
Audio Visual hyperlink dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran
kosakata bahasa Arab anak kelompok B PAUD Setia Hati Sambora. Hasil
yang didapat yaitu: 1) kemampuan pembelajaran kosakata bahasa Arab anak
sebelum penerapan memperoleh nilai rata-rata 70,12. Jumlah anak yang
diteliti terdiri dari 32 anak, hanya 11 anak dalam kreteria BSB memperoleh
nilai presentase 34,37%, sedangkan 12 anak dalam kreteria BSH memperoleh
nilai presentase 37,5% dan 6 anak dalam kreteria MB memperoleh nilai
presentase 18,75% sedangkan 3 anank dalam kreteriia BB memperolen nilai
presentase 9,37%, dan pada tindakan siklus I dengan jumlah 32 anak
memperoleh nilai rata-rata 77.03, kemudian pada tindakan siklus II nilai ratarata 83.84 yang sudah tuntas pada siklus I sebesar 56,32% dengan kategori
MB, kemudian persentase ketuntasan nilai anak pada siklus II meningkat
menjadi 78,12% dengan kategori BSH. Dan nilai rata-rata prasiklus sebesar
70,12 menjadi 77,03 pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi
83,84. Kemudian persentase ketuntasan nilai anak saat prasiklus 34,37% dan
pada siklus I memperoleh persentase nilai menjadi 56,37% dan meningkat
menjadi 78,12% pada siklus II.