Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh kompetensi
guru yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional
terhadap kinerja guru dan kompetensi lulusan mata pelajara
Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri se Kabupaten
Bengkayang. Sampel penelitian adalah 135 siswa kelas akhir
SMK Negeri tahun pelajaran 2021/2022. Analisis data dilakukan
dengan bantuan smartPLS 3.2. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi profesional secata langsung berpengaruh signifikan
terhadap kinerja guru dan tidakberpengaruh terhadap kompetensi
lulusan. Kinerja guru secara langsung berpengaruh signifikan
terhadap kompetensi lulusan. Secara tidak langsung kompetensi
pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan
kompetensi profesional berpengaruh signifikan terhadap
kompetensi lulusan melalui kinerja guru sebagai variabel
intervening.