Abstract:
Latar belakang penelitian tesis ini adalah adanya seorang figure yang merupakan tokoh dalam
bidang Pendidikan Islam dan dakwah yang sangat berperan di Kabupaten Kapuas Hulu Bernama
H. Ahmad HAB. H.Ahmad HAB mendirikan Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan
Madrasah Aliyah dari Tahun 1946 sampai sekarang. Dibidang dakwah, H.Ahmad HAB berdakwah
melalui masjid dan surau dan mengunjungi pengajian-pengajian dari satu kecamatan ke kecamatan
lain seperti Hulu Gurung, selimbau Suhaid dan kecamatan alinnya, untuk memberi jawaban
terhadap persoalan keagamaan yang dihadapi umat Islam di Kapuas Hulu.
Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Jongkong, Pengkadan dan Kecamatan Hulu Gurung.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengambil sampel melalui cara wawancara,
observasi dan domukentasi.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Bagaimana bentuk kontribusi H.Ahmad HAB
dalam pengembangan Lembaga Pendidikan Islam 2) Mengetahui Faktor apa saja yang
mendukung dan penghambat kontribusi H.Ahmad HAB dalam pengembangan Lembaga
Pendidikan Islam 3) Mengetahui bagaimana dampak kontribusi H.Ahmad HAB dalam
pengembangan Lembaga Pendidikan Islam terhadap perkembangan Islam di Kapuas Hulu.
Adapun kesimpulan dari tesis saya ini adalah sebagai berikut:
1. Bentuk kontribusi H. Ahmad HAB dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam adalah
mendirikan Lembaga Yayasan Al-Huda Jongkong dengan mendirikan Madrasah Ibtidaiyah
Hidayatul Mustaqim, Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kapuas Hulu, dan Madrasah Aliyah
Negeri 2 Kapuas Hulu atau Madrasah Aliyah Swasta Jongkong, memotivasi para murid muridnya untuk mendirikan Yayasan Al-Jihad di Sungai terus dengan berdirinya Madrasah
Ibtidaiyah Nahdatul Islamiyah Sungai Terus, Yayasan Al-Huda Mubung dengan berdirinya
Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Mubung, Yayasan Al-Muttaqin Mentawit menaungi Madrasah
Tsanawiyah Al-Muttaqin Mentawit, Yayasan Al-Yaqin Riam Panjang dengan berdirinya
Madrasah Tsanawiyah Al-Yaqin Riam Panjang, Yayasan Al-Hidayah desa Tani Makmur
sehingga berdirinya Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Hidayah di desa Tani Makmur
kecamatan Hulu Gurung, mendirikan majlis taklim di Kecamatan Jongkong serta mengadakan
pengkaderan imam dan khatib.
2. Faktor yang mendukung kontribusi H. Ahmad HAB dalam Pengembangan Lembaga
Pendidikan Islam adalah adanya dukungan dari keluarga, masyarakat dan Murid-murid beliau
yang merupakan hasil kaderisasi yang beliau lakukan sehingga bisa mengembangkan
Pendidikan Islam di beberapa kecamatan.
3. Faktor yang menghambat kontribusi H. Ahmad HAB dalam Pengembangan Lembaga
Pendidikan Islam adalah masih sangat sederhananya alat-alat komunikasi dan transportasi
ditambah lagi dengan letak domisili para siswa yang berjauhan dari madrasah.
4. Dampak kontribusi H. Ahmad HAB dalam pengembangan Lembaga Pendidikan Islam
terhadap perkembangan Islam di Kapuas Hulu adalah berdirinya madrasah-madrasah di
berbagai kecamatan seperti kecamatan Hulu Gurung, yaitu MIS Nahdatul Islamiyah Sungai
Terus, Madrasah Tsanawiyah Mubung, Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah desa Tani makmur,
Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Mentawit, MTs Al-Yaqin di Pengkadan, Kemudian
bertambahnya penduduk yang beragama Islam di kecamatan Jongkong, Pengkadan, dan Hulu
Gurung. Serta banyaknya murid-murid H.Ahmad HAB yang telah berhasil dalam pendidikannya di masyarakat.